Informasi Pasar Kerja Penyedia Lowongan Kerja

Informasi Pasar Kerja harus mampu menyediakan informasi atau data yang berkaitan dengan pencari kerja lengkap dengan kualifikasinya dan lowongan kerja lengkap dengan kondisi dan syarat jabatanya

Jumat, 22 April 2011

BIDANG PENEMPATAN KETENAGAKERJAAN (PENTA)


BIDANG PENEMPATAN KETENAGAKERJAAN

SEKSI PERLUASAN LAPANGAN KERJA
Kegiatan :
I. Terapan Teknologi Tepat Guna (TTG)

A. Tujuan :

1. Menciptakan dan memperluas kesempatan kerja
2. Memperluas dan mengembangkan kegiatan ekonomi lokal yang produktif dan berkelanjutan pada skala kecil dan atau menengah berbasis Terapan Teknologi Tepat Guna / Tehnologi Lokal
3. Membangun dan mengembangkan kemampuan inisiatif atau aspirasi masyarakat khususnya penganggur agar mau dan mampu mengelola potensi sumber daya lingkungan, guna menciptakan kesempatan kerja/usaha berbasis Teknologi Tepat Guna/local

B. Sasaran :
Terwujudnya masyarakat yang Aspiratif, Inisiatif dan Produktif serta berkemampuan Teknologi dalam melakukan perubahan secara berkesinambungan untuk mengelola potensi sumber daya lingkungan sebagai kegiatan ekonomi produktif berbasis Pendayagunaan Terapan Teknologi Tepat Guna.
Untuk tahun 2010 telah terbentuk 4 kelompok TTG sebayak 20 orang
- 2 Kelompok untuk pembuat kue Kering ada dikelurahan Donggala dan Kelurahan Tomulabutao
- 2 Kelompok untuk pembuat Keripik Pisang ada di Kelurahan Bulotadaa Timur dan Kelurahan Buladu

II. Padat Karya Produktif :

A. Tujuan :
1. Menyediakan lapangan kerja Produktif dan kesempatan kerja berusaha bagi tenaga kerja penganggur dan setengah penganggur
2. Mendayagunakan Tenaga Kerja Penganggur dan setengah Penganggur di Daerah Perkotaan untuk menciptakan Usaha-usaha yang Produktif melalui sistim Padat Karya dalam rangka menumbuh kembangkan perekonomian dan meningkatkan perekonomian masyarakat



B. Sasaran :
Tersedianya lapangan kerja dan kesempatan usaha bagi tenaga kerja penganggur dan setengah penganggur didaerah perkotaan.
Untuk tahun 2010 kegiatan Padat Karya dilaksanakan di Kelurahan Wongkaditi Barat Kecamatan Kota Utara berupa pembuatan/rehabilitasi saluran tersier dan normalisasi saluran air yang menyerap tenaga kerja penganggur dan setengah penganggur sebanyak 66 orang dan telah terbentuk satu kelompok usaha sebanyak 20 orang yang mendapat bantuan alat pertanian berupa alat perontok padi.
C. Tenaga Kerja Sarjana
Untuk Kota Gorontalo TKS ada sebanyak 5 orang yang tugasnya sebagai pendamping untuk kelompok wira usaha yang dibentuk melalui kegiatan Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Padat Karya.

SEKSI PENEMPATAN TENAGA KERJA
Tugas Seksi Penempatan Tenaga Kerja
Penempatan Tenaga Kerja oleh Pelaksana dilakukan dengan memberikan Pelayanan Penempatan Tenaga Kerja bersifat terpadu dalam satu system Penempatan Tenaga Kerja yang meliputi unsur-unsur pencari kerja, lowongan pekerjaan, Informasi Pasar Kerja, mekanisme Antar Kerja, bimbingan Jabatan dan Kelembagaan Penempatan Tenaga Kerja.
Tujuan dan Sasaran Penempatan tenaga kerja melalui sistem antar kerja dilaksanakan dengan tujuan dan sasaran sebagai berikut.
A. Tujuan :
Pedoman Pelaksanaan Penempatan Tenaga Kerja di Dalam Negeri melalui sistem Antar Kerja bertujuan untuk meningkatkan kualitas Fasilitasi Penempatan Antar Kerja sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
B. Sasaran :
a. Pemenuhan permintaan dan atau penyedian Tenaga Kerja yang mempunyai keterampilan sesuai kebutuhan yang diminta pengguna Tenaga Kerja.
b. Keberhasilan penyaluran dan Penempatan para pencari kerja untuk bekerja secara Produktif dengan penghasilan yang banyak baik di dalam maupun di Luar Negeri.
c. Tersediannya Informasi Pasar Kerja yang akurat, jelas dan lengkap bagi masyarakat serta pihak lain yang memerlukan.

DATA LAPORAN INFORMASI PASAR KERJA TAHUN 2011
Bulan Januari 2011
Pencaker : 35 orang Penempatan : 101 orang
L : 19 orang L : 84 orang
P : 16 orang P : 17 orang
Hasil Job Canvansing Pendataan Lowongan Pekerjaan di Perusahaan sebanyak 7 Perusahaan menyediakan Lowongan Pekerjaan masing-masing :
1. Afiva Meubel
2. PT. Massindo Unggul Pratama
3. PT. Borneo Auto Cemerlang
4. PT. Sinar Niaga Sejahtera
5. Koperasi Volta PLN Cabang Gorontalo
6. PT. Jumbo Power International
7. PT. Andalus Minimarket
8. UD. Raina




Bulan Februari 2011
Pencaker : 30 Orang Penempatan : P : 1 Orang
L : 17 orang
P : 13 orang

Belum tersedia Lowongan Pekerjaan
Bulan Maret 2011
Pencaker : 24 Orang Penempatan : 3 Orang
L : 15 Orang L : 2 Orang
P : 9 Orang P : 1 Orang

Hasil Job Canvasing ( Pendataan Lowongan Pekerjaan di Perusahaan ) sebanyak 7 Perusahaan menyediakan Lowongan Pekerjaan masing-masing :
1. CV. Sumber Jaya Property
2. UD. Super Top
3. Koperasi Nusantara Pos Simpan Pinjam
4. Pia Saronde
5. Toko Tirta Computer
6. PT. Almar Putra Setia Kawan
7. Toko Berkah

SEKSI PELATIHAN DAN PRODUKTIFITAS
Merupakan salah satu seksi yang ada pada Bidang Pengembangan KetenagaKerjaan
I. Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia.
Nomor : Per.17/MEN/VII/2007 Tentang tata cara perizinan pendaftaran lembaga pelatihan kerja.
Adapun tata caranya sebagai berikut :
Untuk mendapatkan izin harus mengajukan permohonan secara tertulis kepada kepala Instansi yang bertanggung jawabdi Bidang Ketenaga Kerjaan dengan melampirkan :
a. Foto akte pendirian dan atau akte perubahan sebagai badan hukum dan tanda bukti pengesahan dari Instansi yang berwenang.
b. Daftar nama yang di lengkapi dengan riwayat hidup penanggung jawab LPK.
c. Copy surat tanda bukti kepemilikan atau penguasaan sarana dan prasarana dan fasilitas pelatihan kerja untuk sekurang kurangnya 3 (tiga) tahun sesuai dengan program pelatihan yang akan di selenggarakan.
d. Program pelatihan kerja berbasis Kompetensi.
e. Profil LPK yang meliputi antara lain : Struktur organisasi, Alamat, Telepon dan Faxsimile.
f. Daftar Instruktur dan Tenaga Kepelatihan.

II. Jumlah LPK yang ada di Dinas Sosial dan Tenaga kerja sebanyak 27 LPK. Yang telah mengurus izin LPK di Dinas sosnaker sebanyak 18 LPK, dan 9 LPK izin dari Diknas. Jumlah Seluruhnya 27 LPK.
III. Kegiatan yang telah dilaksanakan di seksi Pelatihan dan Produktifitas tahun 2011 adalah :
Pelatihan Kewirausahaan Produktif di Kecamatan Dungingi Sebanyak 20 orang, di Kecamatan Kota Timur Sebanyak 20 0rang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar